Cara Mempertahankan Customer (2)

Semangat pagi sahabat semua. Mari kita lanjutkan materi artikel sebelumnya. Apakah masih ada cara lain untuk mempertahankan customer? Mari sahabat sales kita lihat ada beberapa cara dibawah ini.

  • Menggunakan Email Marketing

Menggunakan Email marketing, merupakan salah satu cara pemasaran yang mudah tapi cukup efektif. Mulai dengan membuat database email pelanggan. Kemudian membuat konten yang menarik dan informatif sehingga dapat membuat pelanggan selalu ingat dengan brand bisnis kita. Email marketing juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi promo dari perusahaan kita. Kita dapat melakukan email marketing ini menggunakan software.

  • Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Membuat program loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan.

Pemberian cashback untuk pembelian ke 5, beli 2 gratis 1, gratis untuk yang berulang tahun di bulan tertentu dan berbagai macam ide untuk program loyalitas lainnya. Dengan adanya program loyalitas, maka pelanggan akan termotivasi untuk membeli produk atau layanan perusahaan kita. Pelanggan juga akan mendapatkan reward dari kita ketika mereka melakukan pembelian yang ke sekian kalinya.

  • Customer Gathering

Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu dengan mengadakan acara bersama para pelanggan kita. Selain menjadi lebih dekat dengan bisnis kita, mereka dapat memperoleh perluasan relasi dengan sesama pelanggan, juga dapat memperoleh nilai tambah. Dengan adanya gathering maka akan memberi kesan kepada pelanggan yang loyal kepada kita, bahwa bisnis kita peduli kepada perusahaan mereka.

  • Membuat Program Referral

Program referral merupakan program yang didalamnya kita memberikan reward kepada pelanggan, jika mereka mereferensikan bisnis kita kepada keluarga, saudara, atau teman. Ketika mereka mereferensikan produk kita kepada orang lain agar membeli produk atau layanan kita maka pelanggan akan memperoleh reward. Dengan melakukan cara ini maka kita memiliki dua keuntungan yaitu, dapat menjaga hubungan dengan pelanggan yang ada, dan juga dapat mendatangkan pelanggan baru.

Semoga tips diatas dapat membantu para sahabat mempertahankan customer yang sudah ada. Karena pelanggan merupakan aset sebuah bisnis. Sehingga kita harus mempertahankannya dengan baik. Apabila sahabat merasakan manfaat dari artikel ini, silahkan sahabat berbagi dengan sahabat sales lainnya. Terima kasih. Happy selling everyone.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Hubungi Kami!
Halo, Semoga hari anda selalu menyenangkan. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini