Cara Membangun Loyalitas Pelanggan (1)

Semangat pagi sahabat semua. Pernahkah kita berfikir bahwa kesuksesan suatu bisnis bergantung pada loyalitas pelanggan? Mungkin banyak dari kita kurang memahami cara agar bisnis kita menjadi sukses. Bagaimana cara membangun loyalitas? tenang sahabat anda tidak sendiri, banyak di luar sana yang belum mengetahui caranya. Dengan adanya kondisi seperti ini sahabat sales harus mencari solusi membangun loyalitas pelanggan. Apakah bisa kita mencari solusi? Seperti apa solusi dari kondisi tersebut? Adakah caranya? Tenang sahabat sales, kami akan berbagi cara untuk membangun loyalitas.

Kondisi ideal dari pelanggan yang loyal yaitu pelanggan akan berulang kali membeli produk ataupun jasa yang kita miliki. Walaupun pelanggan tidak membeli dengan jumlah yang banyak tetapi mereka rutin membeli produk ataupun jasa yang kita miliki, ketika pelanggan rutin melakukan transaksi pembelian artinya pelanggan tersebut merupakan pelanggan loyal yang menjadi salah satu sumber pemasukan utama bagi bisnis yang kita miliki.

Ada sejumlah cara untuk kita terapkan agar bisa menciptakan loyalitas pelanggan.

  • Kenali Pelanggan Anda dan Tunjukkan Hal Tersebut

Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Untuk mengenal seluruh pelanggan satu persatu mungkin akan sulit tetapi dengan mengenal pelanggan lebih baik lagi, akan membuat pelanggan mendapatkan kepuasan tersendiri. Apabila tidak ingin merasa sulit untuk mengenal satu persatu pelanggan, kita bisa membuat database yang berisikan informasi mengenai pelanggan mulai dari nama pelanggan, email pelanggan, nomor handphone pelanggan, tanggal ulang tahun pelanggan, dan history pembelian produk yang di beli oleh pelanggan tersebut. Kondisi tersebut bisa membuat kita memiliki peluang mendekatkan diri atau lebih akrab dengan pelanggan, caranya yaitu ketika pelanggan ulang tahun kita bisa mengucapkan melalui email ataupun pesan melalui nomor handphone, dan berikan voucher sebagai hadiah. Cara yang kita terapkan kepada pelanggan akan membuat mereka merasa di hargai dan di perhatikan, sehingga bisa membuat mereka datang kembali membeli produk atau jasa yang kita punya.

  • Lakukan Follow Up Setelah Penjualan

Strategi Penjualan kita berhasil bisa di lihat dari pelanggan yang melakukan transaksi pembelian, akan membuat kita sebagai penjual merasakan senang. Walaupun senang, kita tidak boleh lupa untuk tetap menciptakan loyalitas pelanggan. Selalu melakukan follow up setelah pelanggan membeli produk atau jasa yang kita punya. Pastikan kita mengirimkan ucapan terima kasih kepada pelanggan melalui email. Selanjutnya kita bisa memastikan untuk memberikan service kembali apabila produk atau jasa yang di beli terdapat beberapa kendala bagi pelanggan.

Nah pada artikel berikut nya nanti akan kami beri lagi penjelasannya. Jadi pastikan sahabat simak terus ya artikel-artikel kami. Cara membangun loyalitas bisa anda dapatkan dari salah satu pelatihan sales yang akan kami bagikan pada tiap artikelnya. Jadi simak ya. Happy selling everyone.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Hubungi Kami!
Halo, Semoga hari anda selalu menyenangkan. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini