Cara Mempertahankan Customer (1)

Semangat pagi sahabat semua. Pernahkah kita berada dalam kondisi ketika pelanggan tidak lagi membutuhkan jasa kita atau pelanggan lari ke competitor lain? Mungkin banyak dari kita mengalami kondisi yang serupa, tenang sahabat anda tidak sendiri, banyak di luar sana yang mengalami ini. Dengan adanya kondisi seperti ini sahabat sales harus mencari solusi agar pelanggan tetap bertahan dan membutuhkan jasa sahabat sales. Apakah bisa kita mencari solusi? Seperti apa solusi dari kondisi diatas? Adakah caranya? Tenang sahabat sales, kami akan berbagi cara untuk mempertahankan pelanggan.

Cara yang paling mudah untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan tetap membangun hubungan yang positif dengan mereka. Berikut ini beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan.

  • Melakukan Evaluasi Pelanggan yang Berhenti Berlangganan

Cara pertama yang harus sahabat sales lakukan adalah melakukan evaluasi, apa penyebab pelanggan sahabat sales berhenti berlangganan. Dengan mengetahui alasan mereka berhenti membeli atau menggunakan jasa atau produk sahabat sales, maka dari itu sahabat sales dapat memperbaiki maupun meningkatkan kualitas produk dan layanan yang sahabat sales miliki.

  • Meminta Umpan Balik dari Pelanggan

Cara yang kedua, sahabat sales harus meminta umpan balik dari pelanggan secara periodik. Sahabat sales dapat melakukannya 1 bulan, 2 bulan, atau 3 bulan sekali. Kirimkan mereka kuesioner yang meminta kritik dan saran untuk produk dan layanan perusahaan sahabat sales. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang harus ditingkatkan, dan apa yang harus dihilangkan.

  • Membuat Schedule untuk Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan

Melakukan komunikasi secara rutin dengan pelanggan. Pastikan mereka selalu mengingat brand bisnis sahabat sales ketika mereka membutuhkan. Hal yang harus dilakukan adalah merancang atau membuat schedule, kapan saja sahabat sales menghubungi mereka. Dengan adanya komunikasi yang rutin terhadap pelanggan, maka pelanggan akan selalu mengingat sahabat sales.

Nah pada artikel berikut nya nanti akan kami lebih detilkan penjelasannya. Jadi pastikan sahabat simak terus ya artikel-artikel kami. Tips penjualan dari salah satu pelatihan sales yang akan kami bagikan pada tiap artikelnya. Jadi simak ya. Happy selling everyone.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Hubungi Kami!
Halo, Semoga hari anda selalu menyenangkan. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini