Kemampuan Negosiasi Yang Wajib Dikuasai

Semangat pagi sahabat semua. Pernahkah kita berfikir bahwa kesuksesan seorang sales bergantung pada kemampuan dalam bernegosiasi? Mungkin banyak dari kita tidak memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Tenang sahabat anda tidak sendiri, banyak di luar sana yang tidak memiliki kemampuan negosiasi dengan baik. Dengan adanya kondisi seperti ini sahabat sales harus mengetahui apa saja kemampuan negosiasi yang wajib dikuasai oleh kita. Apakah bisa kita tahu? Tenang sahabat sales, kami akan berbagi solusi dari kondisi di atas.

Ada beberapa kemampuan negosiasi yang dapat kita kuasai.

  • Menguasai Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Kunci terpenting dalam negosiasi adalah kemampuan komunikasi verbal dan non verbal. Jika kita seorang negosiator yang baik maka kita bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Begitu pula dengan memperhatikan bahasa tubuh kita, karena bahasa tubuh bisa mendukung apa yang sedang kita sampaikan.  

  • Kemampuan Menganalisis Masalah dan Menemukan Solusinya

Seorang negosiator harus mampu menganalisis sebuah masalah dan bisa menentukan kepentingan dari setiap pihak yang terlibat. Apabila kita memahami dengan jelas maka dapat memudahkan kita untuk menemukan solusi terbaik dari setiap masalah yang kita hadapi.

  • Persiapan yang Cermat

Seorang negosiator yang baik harus melakukan riset dan melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum memulai proses negosiasi. Persiapan yang matang akan menjadi penentu hasil suatu negosiasi. Tentukanlah apa yang ingin kita capai dalam bernegosiasi. Dengan begitu, kita dapat menyadari negosiasi yang dijalankan akankah seperti harapan kita atau sebaliknya.

  • Mendengarkan Lawan Bicara Secara Aktif

Mendengarkan secara aktif merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki seorang negosiator. Ketika lawan berbicara kita harus bisa memahami apa yang disampaikan. Dengan kita mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan oleh pihak lain, dapat membuat kita melakukan analisis masalah dengan lebih akurat, dan memikirkan solusi yang paling tepat.

  • Cerdas dalam Mengontrol Emosi

Mengontrol emosi pada sebuah proses negosiasi sangatlah penting. Karena jika kita tidak bisa mengatur emosi, seringkali akan menyesali keputusan atau ucapan saat negosiasi berakhir. Maka dari itu sebagai negosiator yang baik akan menjaga emosinya tetap terkontrol.

  • Tunjukkan Komitmen

Kita perlu meyakinkan kedua belah pihak memiliki komitmen untuk berpartisipasi dalam kesuksesan negosiasi. Oleh karena itu tunjukkanlah komitmen ini melalui kata-kata, kontak mata dan bahasa tubuh agar pihak lawan percaya akan komitmen kita. Maka pihak lawan akan menilai bahwa kita peduli terhadap keberhasilan negosiasi tanpa mengesampingkan keinginan dan kepentingan pihak lawan.

  • Ketahui Gaya Negosiasi Pihak Lawan

Kita harus pintar dalam mempelajari karakteristik pihak lawan karena proses dan hasil dari negosiasi ditentukan oleh kedua belah pihak. Dengan memahami karakteristinya kita akan dapat menyesuaikan gaya negosiasi yang mau kita gunakan.

Jadi pastikan sahabat simak terus ya artikel-artikel kami. Kemampuan negosiasi yang wajib dikuasai bisa anda dapatkan dari salah satu pelatihan sales yang akan kami bagikan pada tiap artikelnya. Jadi simak ya. Happy selling everyone.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Hubungi Kami!
Halo, Semoga hari anda selalu menyenangkan. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini