Cara Membangun Loyalitas Pelanggan (2)

Semangat pagi sahabat semua. Mari kita lanjutkan materi artikel sebelumnya. Apakah masih ada cara lain membangun loyalitas pelanggan? Mari sahabat sales kita lihat ada beberapa cara dibawah ini.

  • Jangan Abaikan Komplain yang Masuk

Sikap kita saat ada komplain dari pelanggan, jangan panik dan jangan langsung merasa terbebani. Anggaplah komplain tersebut sebagai bentuk kepedulian pelanggan terhadap bisnis kita. Kita bisa juga mengubahnnya dengan cara menciptakan loyalitas pelanggan.

Untuk menangani setiap komplain yang masuk dari pelanggan, kita harus selalu melakukan followup agar siap menangani dengan baik. Apabila belum ada solusi setelah pelanggan komplain, kita bisa memberitahu kepada pelanggan bahwa kita akan segera konsultasi bersama tim, dan jangan sampai membuat pelanggan menunggu terlalu lama untuk menerima respon kita.

Sebaiknya kita juga menyediakan cara yang lebih mudah untuk pelanggan agar bisa menyampaikan masukan atau complain. Caranya dengan mencantumkan halaman kontak pada website bisnis kita, mencantumkan email di bagian footer, bisa juga membuat akun sosial media untuk memudahkan komunikasi antara kita dan pelanggan.

  • Memberikan Rewards yang Pantas

Seiring berjalannya waktu, pelanggan yang loyal bisa saja merasa bosan atau tidak tertarik lagi dengan bisnis kita. Maka dari itu kita harus bisa memberikan perlakuan yang pantas kepada pelanggan. Caranya denvan memberikan reward kepada mereka. Tunjukkan  bahwa kita sangat berterima kasi kepada pelanggan dan tersanjung dengan loyalitas yang diberikan mereka kepada kita. Loyalitas pelanggan kepada kita, akan sangat membantu bisnis kita berkembang. 

Beberapa cara diatas dapat menciptakan loyalitas pelanggan, kita bisa mencoba sebagai langkah awal untuk mewujudkannya. Dengan terwujudnya loyalitas pelanggan maka semakin baik pula bisnis yang kita punya.

Semoga tips diatas dapat membantu para sahabat menciptakan atau membangun loyalitas pelanggan yang sudah ada. Karena pelanggan merupakan aset sebuah bisnis. Sehingga kita harus memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Apabila sahabat merasakan manfaat dari artikel ini, silahkan sahabat berbagi dengan sahabat sales lainnya. Terima kasih. Happy selling everyone.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Hubungi Kami!
Halo, Semoga hari anda selalu menyenangkan. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini